Minggu, 14 Februari 2010

UNSUR VERTIKAL RUANG DAN HUBUNGANNYA

Unsur vertikal terbentuknya ruang


Contoh dari unsur ini yang paling mudah kita temui adalah dinding dari ruangan yang merupakan bentuk vertikal. Fungsi dari bentuk-bentuk vertikal adalah memisahkan satu ruang dengan ruang lainnya.

  • unsur vertical linier


Unsur vertikal linier dapat membentuk sisi vertikal dari suatu volume ruang. Elemen vertikal linier, berdiri tegak sehingga menghasilkan sebuah titik di atas bidang dasar. Hal tersebut membuatnya terlihat seperti di dalam ruang.


Beberapa contoh dari unsur vertikal linier adalah kolom, pilar batu, atau menara.Unsur-unsur linier juga dapat menunjukkan pergerakan melintasi ruang, memberikan tumpuan pada suatu bidang dan membentuk rangka struktur tiga-dimensi untuk ruang arsitektur.


Contoh :


Piazza del Campo, Siena Italia



  • unsur satu bidang vertical


Satu bidang vertical ialah suatu bidang tegak lurus yang diletakan sebagai figur pada suatu latar belakang yang berguna sebagai pembatas. unsure ini berfungsi menegaskan ruang yang ada di hadapannya. Sebuah bidang vertikal dapat memiliki dua bagian depan atau sebuah sisi depan dan sebuah sisi belakang.


Contoh :

Penyekat atau patisi


  • unsur bidang berbntuk L


Unsure ini dapat dilihat dari sudut yang keluar mengikuti arah diagonal. Bidang berbentuk L merupakan perluasan dari garis yang memiliki panjang dan lebar yang membentuk huruf L. Contoh dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu pada bentuk dapur yang berbentuk L,yang membentuk ruang ditengahnya dan bentuk pagar.


Contoh :


Pagar


  • unsur bidang-bidang sejajar


unSur ini menentukan suatu volume yang diantaranya berorientasi menuju ujung-ujung yang tak terbatas. Dapat didefinisikan bidang-bidang sejajar adalah bidang yang mempunyai letak sejajar dan fungsi yang disamakan dengan bidang yang di sejajarkan untuk menopang berat beban keseluruhan

contoh :

gereja basilikan, S. Apollinare in Classe, Ravenna,

Italia, 534-39 Giuseppe Mengoni


  • unsur bidang berbenuk U


dapat didefinisikan unsure ini adalah suatu area ruang yang memiliki fokus ke dalam maupun orientasi ke luar. Sebuah bangunan berbentuk U juga dapat berguna sebagai penampung dan dapat mengorganisir kumpulan bentuk dan ruang di dalam areanya. Unur ini juga dapat membentuk ruang ditengahnya jika dtarik garis transparan dari tiap ujung bidang.


Contoh :

Dapur


  • unsur empat bidang penutup


unsure ini dapat terbentuk dari empat bidang vertical yang menutup suatu ruang serta mempengaruhi area ruang di sekeliling penutupnya.


Contoh :



Hubungan antar ruang


  • hubungan ruang dalam ruang


maksud dari hubungan ini adalah ruangan yang dapat ditemukan dalam ruang, dan berdiri sendiri sebagai ruangan didalam ruangan tersebut, bukan sebagai unsur yang saling berkaitan.


Contoh :

Ruang resepsionis suatu kantor


  • hubungan ruang saling berkaitan


Hubungan ini dihasilkan melalui penumpukkan dua buah area spasial serta munculnya zona ruang yang dibagi. Dapat juga terbentuk dari suatu ruangan yang dapat berkaitan dengan ruangan lainnya.


Contoh :

Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Kamar,

dan lain-lain didalam sebuah rumah.



  • hubungan ruang bersebelahan


dapat didefinisikan hubungan ini adalah ruang yang saling berkaitan, bersentuhan dan berderet-deret seingga membentuk semacam deretan. Tingkat kemenerusan visual dan spasial yang terdapat di antara dua rung yang berdekatan tergantung pada karakter bidang yang memisahkan dan menyatukan mereka.


Contoh :

Kamar hotel


  • hubungan ruang yang dihubungkan dengan ruang bersama


maksudnya adalah ruang-ruang yang saling berkaitan dengan adanya ruang bersama yang menghubungkan ruang-ruang tersebut. Hubungan ini mengandalkan ruang perantara. Ruang perantara dapat berbeda bentuk atau orientasi untuk menjalankan fungsi berhubungan.

Contoh :


ruang tamu


Sumber :

www.fukesi.com
www.wikipedia.com
www.siriusjack.multyiply.com
www.deepsign.wordpress.com
E-book, E-learning Gunadarma


2 komentar:

  1. bagus sekali gambarnya, tentram, nyaman pencahayaan jg bagus….mas
    tolong dong gambarin saya juga sebuah rumah minimalis dengan luas
    tanah 8 x 12 dan luas bangunan yang diinginkan 7m x 8/9,5m (1
    lantai)atau Luas Bangunan antara 60 - 65 m2 dengan
    ruangan terdiri dari :
    1 bh kamar utama + kamar mandi
    2 bh kamar anak
    1 bh KM/wc luar
    ruang tamu
    ruang keluarga
    Ruang Makan
    Musholla kecil
    Dapur
    Tempat Cuci
    teras depan dan belakang
    carport
    TOLONG YA MAS DESAINKAN DAN KIRIM KE EMAIL KAMI
    sofyannurhakim@gmail.com ditunggu mas.

    BalasHapus